Sabtu, 21 September 2013

Cara Membuat Kecap Kacang Kedelai

Cara membuat kecap – Kecap merupakan salah satu bagian dari pelengkap makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan "saudaranya" yang bernama Saos, kecap lebih sering digunakan sebagai pelengkap sebuah masakan.  Selain itu kecap juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit batuk, silakan baca artikel cara mengobati penyakit batuk. Dalam postingan tersebut ada alternatif untuk mengobati penyakit batuk menggunakan kecap dan lemon.

Proses pembuatan kecap juga terbilang sangat mudah, jika sebelumnya kita pernah membahas tentang cara membuat tahu, membuat kecap juga akan semudah membuat tahu. Bahan baku yang digunakan untuk membuat kecap juga mudah sekali didapatkan. Untuk mempersingkat waktu ok mari kita mulai praktekkan bagaimana cara membuat kecap yang baik dan benar. Pertama-tama kita harus mempersiapkan bahan-bahan berikut ini:

- Kedelai (bisa kedelai hitam atau kedelai putih) : 1 Kg
- Garam : 800 gram (untuk 4L air)
- Gula merah : 6 Kg
- Daun jeruk : 1 lmbr
- Daun salam : 2 lmbr
- Pokak : 1 sdt
- Air bersih : 1 1/2 liter
- Jamur tempe : 3 gram
- Sereh : 1 btg pendek
- Laos  : 1/4 potong

Cara membuat kecap yang baik dan benar:
  • Agar hasil yang diperoleh bisa maksimal sebaiknya Anda gunakan kedelai yang bagus. Cuci terlebih dahulu kedelai yang sudah Anda siapkan kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 1 malam.

  • Agar kulitnya mudah dikelupas kedelai yang sudah kita rendam tadi kemudian direbus hingga kulitnya lunak. Setelah itu kedelai didinginkan di atas tampah atau tempat lainnya.

  • Taburkan jamur tempe ke atas kedelai yang didinginkan. Anda bisa mengaduknya agar jamur tempe bisa tercampur secara merata di seluruh bagian kedelai.

  • Simpan kedelai yang sudah dicampur dengan jamur tempe tadi pada ruangan yang bersuhu 250~300 C. Penyimpanan ini memakan waktu kurang lebih selama 3-5 hari.

  • Setelah kedelai yang disimpan sudah ditumbuhi jamur, Anda bisa menambahkan larutan garam. Diamkan adonan ini selama 3-4 minggu pada suhu ruang.

  • Setelah kurang lebih 3-4 minggu (maksimal 2 bulan), tuangkan air bersih. Kemudian masak hingga mendidih lalu saring adonan kedelai tersebut.

  • Masak kembali hasil saringan tadi, kemudian tambahkan bumbu-bumbu yang telah saya sebutkan di atas (gula merah, daun jeruk, dll). Agar bumbu-bumbu ini bisa meresap ke adonan terlebih dahulu kita bisa menggilingnya. Untuk daun salam, daun jeruk dan serai tidak perlu digiling. Saat memasak jangan lupa diaduk-aduk.

  • Untuk banyaknya pemakaian gula merah tergantung untuk Anda, mau buat kecap manis atau kecap asin. Jika kecap manis pemberian gula merahnya sebanyak 2 Kg, sedangkan untuk kecap rasa asin pemberian gula merah sebanyak 2,5 ons saja sudah cukup.

  • Proses perebusan dihentikan apabila sudah mendidih dan tidak ada buih lagi. Dinginkan dan saring dengan kain saring yang telah disiapkan. Air hasil saringan inilah yang dinamakan kecap.

  • Kecap sudah siap untuk dikonsumsi
Demikian cara sederhana dan mudah membuat kecap manis dan asin. Dengan modal yang sedikit serta peralatan yang sederhana Anda sudah bisa membuat kecap yang sama seperti kecap-kecap yang dijual di supermarket. :) Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar